A password will be e-mailed to you.

KUSTOM KULTURE – XUF

 

Iman Electrofux sampai pada titik dimana ia merasa harus mengambil rehat sejenak setelah 20 tahun malang melintang didunia musik. Dan dititik ini pula ia menunjukan bahwa hidup harus selalu berkarya. Dan stencil adalah pilihannya, tembok-tembok di perempatan jalan yang macet dan lokasi-lokasi strategis adalah gigs, pylox dan kater jadi instrument. Dihalaman ini lupakanlah electrofux, sambutlah Xuf !

Sebenarnya apa maksud dan tujuan dari ber-stensil ria setahun belakangan ini (yang kita amati)

Sering saya liat tulisan2 yg ga jelas di jalan. Mungkin mreka mau bikin ‘statement’ sendiri bahawa mreka ada sini ato gimana. Lalu berpikir knapa ga nempel ato bikin gambar yg bagus aja biar orang lain bisa menikmati

Bagaimana awal mulanya seorang fux ber-evolusi menjadi xuf

Dulu waktu saya mulai mencari jati diri saya berfikir bermain musik ato berkarya seni,…saya memilh musik &sampe 20 tahun karna aya sudah bosan dengan politic entertainment. Dulu saya Dubstep & diterima masyarakat muda. Club2 di Bali sering menolak genre Dubstep katanya mreka mau musik komersial tetapi stlah beberapa tahun akhirnya mreka terima Dubstep karna sudah di komersialkan dari luar. Tiba2 saya jadi benci terhadap situasi begini. Lalu tahun kemaren saya mulai kembali berkarya seni stencil. itu juga karna saya sering coret2 di kontrakan&kosan saya. Stlah saya ketemu Quint, saya mulai bikin di jalan. stlah itu i never look back.

Lalu bagaimana cara kerjanya.. maksud saya, antara ide gambar dan lokasi/ruang .. apakah semuanya spontan? atau kamu menentukan lokasi baru gambar..atau sebaliknya?

Secara spontan tp kadang kalo tempat yg oks banget pasti kita bikin khusus buat spot itu.

Punya lokasi favorit atau spesifikasi khusus dalam memilih lokasi untuk di ‘bom’

Selalunya stencil di kertas lalu baru hunting tempat untuk di tempel. Kebanyakan stencil yg di tempel posisinya enak di liat seperti perempatan lampu merah,daerah rawan macet tapi kadang yang tempat yang tak masuk akal saya sikat. & musuh kita selalu iklan liar,pompa air,cuci sofa,credit motor dll. Orang ky gini ga ada otak karna mreka kalo liat karya bagus mreka nempel di atas karya. mreka mengguna instinct kita untuk iklan mreka.

Objek2 apa saja yang biasa dipakai?

Objek XUF ada macam2 Famous People,Animals,Landscape & topless model. Tergantung mood ama gambar yg saya suka

Pemilihan objek ini kan biasanya berdasarkan dari imajinasi..selain dari tidur yang kurang nyenyak..darimana imajinasi xuf datang?

Imajinasi selalu ada kapan saja,dari ketemu orang,pas ngobrol,nonton film. kadang bayangan dari mimpi. tp yang paling asik topless model,..mreka mau langsung buka baju….seudub!!!

Apa yang mau kamu capai dari semua karyamu yang terpampang di jalanan?

Saya tidak pernah berfikir untuk mencapai sesuatu dari hasil stiap stencil. kalo orang suka ya syukur kalo ga ya terserah, Tetapi ada 1 kenikmatan saya alami sewaktu sudah bikin keesokan harinya saya mau foto utk portfolio ada berapa tamu asing fotoin karya saya,rasa bangga di dalam hati apalagi kalo di instagram orang yg tidak dikenal…tetapi ada juga temen sendiri bilang karya sampah. tp that is his opinion,..kalo seandainya they can do better silahkan. Buktiin daripada Jelekin.

Coba bikinkan resep : ‘stencil artist for dummy’

Cari gambar ato foto berresolusi tinggi. Photoshop. Ke Image lalu Black&White Ke Image lagi lalu Brightness&Contrast Ke Image lagi lalu cari Posterize experimentlah sampai kamu uda deal ama gambarnya ke Cahaya di Jln Pulau Saelus ato Supaprinting di Dewisri. Print karya kamu di kertas HVS dgn ukuran yg kamu mau print skitar 5 ato tergantung brapa layer kamu mau. Ke tempat kertas di Teuku Umar dpn Papa Ron’s cari kertas dupleks 310gm(glossy or non glossy). Letakkan print di atas dupleks lalu potong,.. stiap kertas dupleks utk 1 warna,…setelah itu pylox berutan warna. udah deng.

terakhir..Kira-kira pertanyaan apa yang belum kami tanyakan..tapi sebenarnya kamu tunggu untuk kami tanyakan?

Kelapa tanpa kulit sekilo brapa? Knapa Uruguay? Kapan nikah?

xuf artwork (4)xuf artwork (1)xuf artwork (5)

xuf artwork (9) xuf artwork (8)