A password will be e-mailed to you.

REFI MASCOT

“Jauh sebelum agama dan negara diterima di tanah ini, tato sudah menjadi bagian terpenting beberapa suku di Indonesia”

Refi Mascot, seorang pandai besi dan fotografer dokumenter adalah nama dibelakang Bau Tanah Tattoo Museum. Museum ini sendiri adalah satu-satunya museum di Indonesia yang berusaha merekam jejak-jejak tato tradisional Nusantara. Selain disibukkan dengan dokumentasi tato nusantara, Refi juga mendokumentasikan tumbuh kembang Pasar Loak Jembatan Item, mulai dari yang positif sampai yang negatif.

Bisa ceritakan tentang Bau Tanah Tattoo Museum?
Bau Tanah Tattoo Museum kepikiran sudah dari tahun 2006. Indonesian tato museum, seharusnya dibangun oleh pemerintah dan penggiat tato, bukan gw bro. Setelah tahun 2013 baru terlaksana setelah melihat perkembangan gerakan tato tradisional asia tenggara di Serawak Traditional Internasional Tatto Convention.

Apa tujuan dari Bau Tanah Tattoo Museum?
Tujuan dibangunnya Bau Tanah Tato Museum simpel, gw percaya pendidikan bisa ngerubah cap kampung yang dikriminalkan negara. Jadi Bau Tanah Tato Museum isinya masih sekedar poto-poto liputan gw dan pernak pernik. Itu juga ingin mengkritisi kawan-kawan yang hidup dari tato. Seharusnya mereka-mereka itu yang bahu-membahu membangun tato museum.

Selanjutnya…

1 2