A password will be e-mailed to you.

Tentang karya, seperti apa bentuk artistik dari ‘Performance Art’ bagi Iwan Wijono?
Performance Art itu media seni non konvensional, tidak seperti tari, lukis, teater, atau musik.Nilai artistik Performance Art ada pada kontennya, karena ia tidak ada konvensi, sifatnya melawan seni yang established dan matang. Performance Art menghadirkan tubuh sebagi artis, kreator, juga media, oleh karena tubuh sebagai media otomatis kehidupannya adalah galerinya, ia terbebas dari material, misal musik dengan instrumen musik. Jadi dia gak harus di galeri, bisa performance dimana saja, kapan saja, seumur hidup.

Bagaimana perkembangan Art Performance kini, apa semakin maju, atau diminati?
Beberapa ada yang belajar sama aku sekarang justru sukses jadi pelukis semua, awalnya mereka dikenal dengan performance, dan kegilaannya, tapi sulit memang untuk tetap konsisten, adanya peralihan menurutku goblog, jadi ketahuan mereka sebenarnya orang modern biasa, orang kontemporer tidak terbatas dengan media seni apapun. Beberapa orang melakukan performance supaya dikenal, performance hanya sebagai alat, padahal kalo dia cerdas bisa menaikkan kesenimannya, ini masalah mental. Tapi ya tidak apa-apa, bebas itu pilihan. Seni performance tidak banyak diminati dan gak populer, orang tahu, tapi orang takut memilih itu jadi gak bisa makan, padahal ada kok yang bisa menjual video performance, seharga 150 jutaan.

Siapa aja yang membuat tato di badan anda?
Sono (Cap Bagong Tatu), Heri (Siksa Kulit Tattoo), Bucek Distorsi, Bambang Mbendol (Bima Tato), empat orang beda-beda waktu.

Bagaimana anda melihat tato masa kini ?
Tato jaman sekarang cenderung ke fashion, itu pasti, selebihnya tren, dan aktualisasi diri.

Apa pesan yang ingin disampaikan untuk teman-teman tato?
Kembalilah ke akar budaya, itu identitas, ya seperti terracotta ini, jikalau tato di Indonesia tidak ada beda dengan negara lain, kita susah untuk dikenali, tato merupakan baju tubuh yang membantu kita mengarungi hidup ini, tiap tato ada fungsinya baik ritual maupun tidak, bagaimana agar orang melihat juga asik, mewakili identitas dan profesi, karena tato sejarahnya menarik.

1 2