A password will be e-mailed to you.

Semua poster-poster Nobodycorp. itu berlisensi Creative Commons Atribution-NonCommercial-NoDerivs (CC BY-NC-ND) yaitu bebas untuk disebarkan, digunakan, selama tetap memberi atribusi, tidak bertujuan komersil dan tidak mengubah karya

Awalnya Alit Ambara saya kenal sebagai seorang pematung yang handal. Sebelum itu saya mengenalnya dari sebuah tulisan yang diterbitkan sebuah majalah. Nasib baik memang tak pandang bulu, seorang teman ternyata adalah karib Alit Ambara, akhirnya kami berkenalan. Keterlibatannya dengan aneka poster mulai saya endus ketika dia membuat presentasi mengenai poster-poster Rusia. Poster sebagai media berkesenian boleh saja dianggap sebagai media yang tidak cukup representatif untuk sebuah karya seni. Tapi bagi Alit Ambara, poster lebih dari sekedar sebuah karya seni, poster mampu memprovokasi diskusi/ perdebatan atas sebuah isu.

Pada tahun 1993, Alit Ambara bergabung dengan kelompok Jaringan Kerja Budaya (JKB), dimana ia memulai sebuah “kekacauan” yang ia namai Nobodycorp. Internationale Unlimited. Kelompok “kongkow” JKB ini menerbitkan sebuah majalah, Media Kerja Budaya, yang menggunakan ilustrasi-ilustrasi karyanya. Selain itu ia juga banyak membuat poster-poster untuk aksi-aksi kampanye (kebanyakan) tentang isu HAM yang disebarkan melalui email diantara kawan-kawannya di JKB. Setelah beberapa lama, ia lantas mempublikasikan poster-poster karyanya di Blog buatannya, lalu mulai memanfaatkan media sosial. At “the end”of the day, saya ditugasi untuk mewawancara pria dibalik poster ikonik “Bali Tolak Reklamasi”, demikian percakapan yang yang kami lakukan via media sosial;

Apa kabarnya Nobodycorp. ?
Kabar Nobodycorp. itu tergantung apa sudah ngopi atau belum. Biasanya sih baik-baik saja.
Langsung saja, siapa/ apa yang mempengaruhi bli Alit waktu buat poster?

Banyak hal yang mempengaruhi, untuk konten biasanya isu yang berkembang di masyarakat baik itu yang ada di media massa maupun media sosial. Juga hasil-hasil diskusi atau obrolan akan sesuatu isu dengan kawan-kawan. Secara artistik juga dipengaruhi dari mana-mana, biasanya hal itu sudah ‘inheren’.

Saya lebih sering liat karya-karyanya dishare di medsos, apa pernah ada kesempatan buat print outnya?dikesempatan seperti apa itu biasanya?
Semua poster-poster Nobodycorp. itu dibuat dalam format siap print. Disamping disebarkan di media sosial dan internet, juga diprintout untuk kepentingan pameran, atau aksi-aksi. Bahkan untuk itu Nobodycorp. menyiapkan situs posteraksi.org agar publik dapat mudah mengunduh poster-poster Nobodycorp. dalam format hi-res untuk diprintout. Banyak pihak mengunduh poster-poster itu untuk kepentingan aksi, maupun membuat pameran terkait suatu isu tertentu, seperti lingkungan hidup, HAM, dll.

Bagaimana menurut bli tentang copyright. Seberapa jauh pentingnya untuk bli yang sering nge-share karya via medsos?
Semua poster-poster Nobodycorp. itu berlisensi Creative Commons Atribution-NonCommercial-NoDerivs (CC BY-NC-ND) yaitu bebas untuk disebarkan, digunakan, selama tetap memberi atribusi, tidak bertujuan komersil dan tidak mengubah karya. Biasanya ada pihak-pihak yang kemudian menggunakan poster-poster Nobodycorp. untuk lingkup yang lain, seperti dibuat kaos, dan biasanya juga mereka paham akan lisensi karya-karya Nobodycorp. Bila mereka bikin kaos dari poster-poster Nobodycorp. memang tidak bertujuan komersil, seringnya untuk penggalangan dana aksi. Atau seperti yang di beberapa kota, ada yang sablon pada kaos, kemudian kaos dijual untuk membeli buku-buku taman bacaan yang mereka kelola. Alasannya Nobodycorp. berlisensi Creative Commons sederhana saja, dikarenakan isu-isu yang diangkat poster Nobodycorp itu isu publik, maka kami kembalikan ke publik. Juga tujuannya agar isu yang diangkat itu dapat disebarluaskan dengan cepat dan tepat.

Pernah ga ada momen “kleng kenapa buat poster kaya gitu ya?”

Setiap saat itu. Tapi karena poster-poster Nobodycorp. itu penyebaran berbasis media sosial, maka terjadi feedback dari komentar-komentar yang ada. biasanya kami lakukan perbaikan bila dipandang perlu lantas di-share kembali.

Dalam 5 tahun kedepan, kira-kira dimanakah Nobodycorp.?
5 tahun kedepan, Nobodycorp. itu tetap di situsnya www.nobodycorp.org itupun kalau saweran sewa situsnya lancar ha..ha..ha…
Pertanyaan yang belum pernah ditanyakan kepada bli tentang Nobodycorp. dan dunia perposteran apa?
Apakah Nobodycorp. menerima sumbangan?

Jawabannya apa?
Jawabanya: Iya.

Seandainya bli dikasi pilihan untuk numitis (terlahir kembali), pilihan bli numitis jadi Jimi Hendrik atau siapa?
Tiyang (saya) mau numitis secara unlimited, tidak terbatas. Jadi bisa jadi siapa saja atau apa saja… ha..

nobodycorp