A password will be e-mailed to you.

BLUR TATTOO

Berawal dari kerja praktek yang harus ia jalani semasa kuliah, Kadek Ngurah Mertayana a.k.a Blur Tattoo terjerumus dalam dunia tato. Tahun 2014, Ngurah menjalani kerja praktek di studio tato milik temannya; Femm Tattoo, di Negara. Dimulai dari sanalah ia semakin jauh terjerumus dalam dunia tato. Sebelum itu, sejak masih duduk di bangku SMP dia sering melukis (realis), pekerjaan itu ia lakoni sampai sekarang.

“Bagian tersulit dalam pembelajaran tato menurut saya sih, melatih mental agar tidak gugup ketika pegang mesin tato dan ketika berhadapan dengan klien.” Semantara tentang spesifikasi alat ia mengatakan bahwa tidak ada spesifikasi khusus yang ia gunakan, “Alat yang saya gunakan semuanya biasa saja, seperti perlengkapan tato pada umumnya” Tentang gaya favorit ia menjelaskan demikian, “Saya menyukai gaya tato yang saya suka mirip-mirip kayak sketsa atau impresionis (kalau di lukisan) kalau di tato gak tahu gaya apa namanya, karena dengan gaya seperti itu saya bebas untuk berekspresi tanpa terikat dengan objek dan tanpa perlu takut salah.”

Ide-idenya untuk berkarya selain dari klien, biasanya datang dari ketertarikan personal akan suatu hal. Baginya, pekerjaan menjadi tatois itu cukup menyenangkan, karena pekerjaan itu lumayan santai, hanya duduk dalam ruangan dan tidak perlu kepanasan, selain itu juga bisa menyalurkan hobinya menggambar. Namun demikian ia juga menemukan sisi tidak menyenangkannya, yaitu jarang bisa main ke luar rumah, apalagi saat jadwalnya penuh.

Selanjutnya…

1 2