ICON – MARK MAHONEY

ICON – Mark Mahoney

Membicarakan tentang tato black gray yang memanfaatkan single needle, kita mungkin akan reflek membayang penjara sebagai muasalnya, tetapi dalam dunia (bisnis) tato rasanya kurang afdol jika kita tak menyebut Jack Rudy, Good Time Charlie Cartwright, Freddy Negrete, dan tentu saja Mark Mahoney. Nama Mark Mahoney dihormati tidak hanya di industri tato, tapi juga dijalanan, ia telah merajah setapak menuju keterkenalan jauh sebelum para tatois sekarang mampu membuat garis lurus. Mark Mahoney adalah seorang tatois Amerika yang dianggap sebagai “founding father” of black and gray with a single needle. Banyak orang yang berkecimpung dalam dunia tato menganggap Mark sebagai legenda hidup. Sekarang ini ia adalah pemilik dan artis utama di Shamrock Social Club di Sunset Boulevard, Hollywood, CA.

Mahoney memulai karirnya sebagai tatois di Boston pada tahun 1977 ketika tato masih sebuah aktivitas ilegal, ditengah-tengah keberadaannya dalam skena punk 70an. Semenjak saat itu sampai sekarang ia tetap merupakan sosok berpengaruh di dunia tato, dan merupakan kekuatan sentral selama Black and Gray Movement of East L.A. pada tahun 1980an. Semenjak awal Mahoney sudah tertarik pada ide bahwa tato adalah sebuah bentuk seni untuk rakyat, sebuah bentuk seni yang diaplikasikan pada hidup harian. Yang menjadi inspirasi bagi karya-karya awalnya meliputi mobil, chopper, dan artifak-artifak relijus.

Namun yang membuat ia banyak dikenal adalah karya-karya black grey, lebih spesifik lagi yang menampilkan citra-citra seperti ikon relijius, kolase old school, perempuan, bom, dan pistol. Secara umum tema yang diusung oleh Mahoney selalu merupakan “pertemuan antara yang elit dan dunia bawah”. Gaya yang ia tampilkan menawarkan kombinasi unik dan menginspirasi, sebuah kombinasi antara seni tinggi dan budaya rendahan. Semua desainnya adalah “kustom made art pieces” yang menampilkan mentalitas pejuang yang dia alami sendiri pada masa mudanya di jalanan Boston. Mahoney menyalurkan pengalamannya pada setiap detail karya yang ia ciptakan.

bersambung halaman 2…