EVENT – TATTOO MERDEKA #3

17.08.2016 @ Jogja National Museum – Yogyakarta

Gerombolan Tukang Tattoo Yogyakarta (GENTO) menghadirkankembali Tattoo Merdeka, di Jogja National Museum; sebuah acara amal berbalut perlombaan dan panggung musik dengan tajuk Tattoo Merdeka #3: “Negri Warna-Warni”.Acara diawali dengan upacara bendera yang tak biasa di pelataran Jogja National Museum (JNM). Para petugas dan peserta yang mayoritas penggiat tato mengenakan pakaian adat atau kesenian daerah, sebagaimana tema besar yang mereka angkat yakni keberagaman budaya di Indonesia.

tato merdeka (1)

tato merdeka (2)

Beberapa kegiatan seperti Tattoo War, Tattoo Charity dan pemutaran film “Bless This Mess” dilanjutkan di dalam gedung JNM, sementara itu kesenian dan pasar rakyat serta “ben-benan”dilangsungkan di luar gedung. Tattoo War atau Perang Tato adalah kegiatan paling ramai pengunjung; bagaimana tidak, 62 artis tato dari penjuru Indonesia memenuhi ruang-ruang di dalam gedung, beragam aliran tato dengan desain dan filosofinya masing-masing digoreskan ke betis, lengan, punggung, hingga kepala model secara live!

Panggung dimeriahkan oleh Dubversif, duo DJ / live PA elektronika,  Ras Inggi, band asal Kebumen yang berkolaborasi dengan Fly Away, Rotorhead menjadi penampil ketiga, kemudian diikuti oleh Teknoshit, band elektronik asal Yogyakarta yang banyak mengusung semangat revolusi dalam lirik-lirik lagunya. Black Boots, salah satu band punk legendaris Indonesia naik ke atas panggungadalah band paling dinanti. KemudianProduk Gagah, sebuah band canda-tawa plesetan “produk gagal” pun hadir sebagai penutup acara

tato merdeka (3)

Secara keseluruhan, Tattoo Merdeka #3 adalah acara yang sangat menghibur, khususnya pada bagian panggung musik dan perang tato. Jika ada yang boleh sedikit disayangkan, kiranya itu adalah audio pemutaran film “Bless This Mess” yang kalah dengan suara desing mesin tato, sehingga kemudian menyulitkan penonton. Namun selebihnya, acara inisangat patut diapresiasi. Hanya dengan minimal kocek lima ribu rupiah, kita sudah bisa menikmati banyak hiburan dan segenggam kepuasan batin saat berbagi. Tattoo Merdeka #3 jelas lebih dari sekedar acara tato atau panggung “musik jalanan”; salut untuk GENTO!

(kontributor/ Chris)

 

Pemenang Tattoo Merdeka 3 “

Amateur

The best – Art up tattoo

1 – A.Relp (Iwan speank) tattoo

2 – Loving hot mom tattoo

3 – Gudang tattoo

 

Profesional

The best – Webe Tattoo

1 – Awank Tattoo

2 – Gudang Tattoo

3 – Rock Tattoo